Jumat, 18 Maret 2011

Cara Pesan-Beli Tiket Kereta Online

Ingin beli tiket kereta api, atau ingin pesan tiket kereta api?





Kadang kita merencanakan sebuah perjalanan dengan menggunakan kereta api, akan tetapi malas untuk antri tiket kereta di stasiun kereta, apalagi saat musim libur, atau weekend dan hari kejepit nasional.
Pesan-Beli tiket kereta api ternyata bisa dilakukan secara online mulai dari H Minus 30 sampai H-1 dengan menggunakan telpon dan fasilitas ATM Bank Mandiri serta loket PPOB. Begini caranya :
Untuk melayani kebutuhan pelanggan akan kemudahan membeli tiket kereta api, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini telah mengimplementasikan suatu sistem reservasi serta pembelian tiket Kereta api secara online dengan bekerja sama dengan pihak perbankan (saat ini Bank Mandiri).
I. SISTEM PELAYANAN
a. Pemesanan tiket via Call Center KA dapat dilakukan dalam waktu 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, artinya konsumen dapat melakukan reservasi kapan saja dengan melakukan dial ke nomor 13897 (13TYP) menggunakan telepon selular (saat ini CDMA belum bisa).
b. Call Center secara sistem dapat melayani pemesanan tiket mulai H – 30 (tiga puluh) sampai dengan H – 1 (satu) sebelum keberangkatan KA.
c. Pemesanan per transaksi yang dilakukan oleh Calon Penumpang untuk 1 (satu) tiket maksimal 4 (empat) tempat duduk untuk KA yang sama dalam satu waktu (Nomer KA dan tanggal keberangkatan sama).
d. Penukaran tiket melalui fasilitas layanan perbankan ini hanya dapat dilayani di loket Stasiun atau Pusat Pelayanan Reservasi tiket KA (tidak dapat dilayani melalui Agen).
e. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada sistem ticketing, Call Center tidak dapat melayani reservasi tiket KA, pelayanan penjualan tiket secara manual hanya dapat dilayani di Stasiun.
II. PROSEDUR PEMESANAN
1) Konsumen melakukan reservasi tiket KA dengan melakukan panggilan ke Call Center KA (dial 13897) menggunakan telepon selular.
2) Petugas yang melayani akan menanyakan informasi kepada konsumen mengenai :
a) Nama dan alamat Calon Penumpang (sesuai KTP/SIM/Kartu Identitas)
b) Nama dan Kelas KA yang dipesan
c) Tanggal dan Jam Keberangkatan KA
d) Stasiun asal dan tujuan penumpang
e) Jumlah penumpang
3) Setelah petugas Call Center berhasil melakukan proses reservasi, kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan SMS ke pemesan yang berisi informasi tiket KA yang dipesan disertai kode pemesanan dan jumlah transaksi yang harus dibayarkan ke Bank.
4) Konsumen membayar transaksi pemesanan tiket ke electronic channel Bank Mandiri sebesar nilai transaksi tersebut sesuai kode pemesanan.
Pesan Tiket kereta Online
Pesan Tiket kereta Online
5) Jangka waktu pembayaran ke Bank adalah 3 (tiga) jam dari waktu pemesanan dan apabila telah lewat dari 3 (tiga) jam dari waktu pemesanan secara otomatis dianggap batal (proses secara otomatis dalam sistem).
6) Apabila transaksi telah berhasil dibayarkan ke Bank secara otomatis data tersebut akan terkirim ke PT. KAI dan tiket KA dapat dicetak. Apabila tiket KA belum dibayar, maka secara sistem tidak dapat dicetak.
III. PROSEDUR PENGAMBILAN TIKET
Setelah konsumen membayar transaksi pemesanan tiket KA lewat fasilitas Bank, selanjutnya dapat mengambil tiket KA di loket stasiun dengan menyerahkan:
1) Struk ATM, apabila pembayaran via ATM Mandiri, atau
2) Kode pemesanan (untuk internet banking, SMS banking dan phone banking).
Kesemuanya disertai dengan fotocopy KTP/ Kartu Identitas yang berlaku atau mengisi formulir identitas sesuai dengan yang berangkat.
Dengan diserahkannya bukti pembayaran dari Bank Mandiri berupa struk ATM atau kode pemesanan disertai fotocopy Kartu Identitas, petugas loket berdasarkan kode pemesanan memastikan apakah transaksi sudah dibayar dan nama penumpang yang akan berangkat sesuai dengan nama yang ada difotocopy kartu identitas.
Petugas loket melakukan pencetakan tiket sesuai kode pemesanan.
IV. PROSEDUR PEMBATALAN
Khusus untuk prosedur pembatalan dan penundaan/perubahan waktu perjalanan bagi calon Penumpang kereta api dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pembatalan tiket (batal pembeli & batal tunda) hanya bisa dilakukan melalui komputer tiketing, dan hanya dapat dilakukan di tempat-tempat sbb :
1) Di Pusat Pelayanan Reservasi
2) Di Stasiun yang melayani tiket komputer
Pembatalan meliputi batal tunda sampai dengan H -1 dan batal pembeli sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan KA dengan mengenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku.
Pembatalan karena force majeure akan ditangani oleh PT. KAI dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Kondisi force majeure ini diinformasikan kepada calon penumpang melalui Call Center.
V. BIAYA LAYANAN
Untuk dapat menikmati fasilitas pemesanan tiket KA via Call Center ini, pelanggan harus menjadi pemegang rekening Bank Mandiri. Setiap kali transaksi menggunakan layanan ini, konsumen akan dikenai biaya layanan sebesar Rp. 7.500,- pada saat membayar via electronic channel Bank Mandiri dan pulsa premium saat melakukan reservasi via Call Center.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar